Senin, 19 Oktober 2015

Gudeg Bu Tjitro



Gudeg kaleng Bu Tjitro, Khas Yogyakarta







Gudeg? yaak makanan yang me-lagenda ini sudah sangat terkenal. Makanan khas Yogyakarta ini memang menjadi makanan yang menyimpan sejarah Kota Yogyakarta. Gudeg dengan cita rasa manis gurih ini sudah ada sejak 1819-1820. wow sudah sangat lama ya gudeg itu ada di Indonesia. Isi dari gudeg pada dahulu hanya nangka muda yang dimasak dengan areh (santan kelapa yang kental) yang dimasak dengan bumbu rempah rempah yang khas dan membuat aroma gudeg ini manis gurih.

 

Gudeg jaman sekarang terdapat 2 jenis yaitu, gudeg basah dan gudeg kering.
  • Gudeg basah. Jenis gudeg ini disajikan dengan areh yang encer dan sambal krecek yang basah. Tidak tahan lama, sehingga hanya bisa dinikmati di Jogja saja, kalau untuk oleh-oleh hanya yang menempuh perjalanan singkat. Gudeg basah mudah dijumpai pada pagi hari sebagai sarapan.
  • Gudeg kering. Gudeg jenis ini disajikan dengan areh yang kental dan sambal krecek yang dimasak kering. Gudeg kering tahan beberapi hari, sehingga biasanya dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Gudeg semacam ini dapat dijumpai di kedai terkenal seperti Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Lies, Gudeg Yu Narni, dan Gudeg Bu Amad Barek.
Gudeg Bu Tjirto, yang pertama kali membuat gudeg dalam kaleng sudah sejak tahun 1925. Inovasi baru dari gudeg kaleng ini mempermudah wisatawan untuk membawa oleh-oleh gudeg yang praktis dan tahan lama. Tidak perlu repot lagi membawa kendi kedalam pesawat ataupun bis yang takut akan pecah selama perjalanan.

 
Soal isi gudeg kaleng ini tak usah diragukan lagi, so pastinya sudah sama dengan gudek gudek rumahan dan yang dipasarkan diwarung warung. Gudeg Bu Tjirto ini berisi nangka muda dengan santan kental, telur bebek, ayam kampung yang disuir-suir, kacang tholo, dan krecek, komplit bukan.
Meski dalam kaleng, gudeg ini tidak mengandung msg dan bahan pengawet. Gudeg Bu Tjirto ini dapat tahan selama satu tahun. Untuk menyajikan gudeg ini hanya dipanaskan kurang lebih 5 menit sebelum disajikan, cukup praktis kan.

Harga satu kaleng Gudeg Bu Tjirto original dibandrol dengan harga Rp. 27.000
Untuk Gudeg Bu Tjirto yang pedas dibandrol dengan harga Rp. 30.000
Alamat Gudeg Bu TjirtoJalan Janti No. 330, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar